Sepatu Yonex

Badminton adalah olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan. Untuk menjadi pemain badminton yang tangguh Anda harus memiliki kaki yang lincah, teknik yang kuat, dan juga strategi yang cerdik. Jika Anda sudah mengerti cara bermain badminton dan ingin menjadi lebih baik lagi, maksimalkanlah permainan Anda dan manfaatkan kelemahan lawan.

Selain sepatu Yonex dan raket bermain badminton juga memerlupakan pemanasan yang cukup, karena jika tidak melakukan pemanasan gerakan pemain bisa dipastikan tidak lentur, selain itu bermain badminton tanpa pemanasan maka dapat menyebabkan terjadinya cedera otot dan sendi. Pemanasan juga juga perlu dilakukan sebelum bermain bulutangkis agar meningkatkan kecepatan dan kekuatan otot.

Beberapa cara pemanasan yang harus dilakukan sebelum bermain di antaranya adalah:

Meregangkan Otot
Saat tubuh mulai terasa hangat, lakukan beberapa latihan peregangan untuk melemaskan otot-otot Anda. Latihan peregangan otot bisa membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh dan meminimalisir kemungkinan cedera. Latihan peregangan otot hanya bisa dilakukan setelah tubuh Anda terasa lebih hangat, karena itu sangat penting bagi Anda untuk melakukan langkah yang pertama untuk menghangatkan dan meningkatkan detak jantung anda. Lakukan peregangan otot sekitar 10 menit.

Hangatkan Tubuh dan Tingkatkan Detak Jantung
Untuk meningkatkan detak jantung Anda, lakukan latihan yang membutuhkan gerakan dari seluruh bagian tubuh. Ada banyak cara untuk melakukanya, di antaranya yakni berlari kecil di sekitar lapangan dan juga bisa latihan lompat dengan alat skipping. Lakukan dua langkah itu dengan durasi sekitar dua sampai tiga menit untuk meningkatkan detak jantung Anda. Pada akhir latihan, tubuh akan terasa lebih hangat dan jantung Anda akan berdetak lebih cepat.

Latihan Memukul
Selanjutnya, lakukan beberapa pukulan di lapangan bulutangkis bersama teman Anda untuk merasakan permainan dan juga untuk memaksimalkan kinerja selama pertandingan. Manfaatkan sesi latihan ini untuk membuat Anda nyaman di atas lapangan. Latihan memukul sebelum bermain bulutangkis sangat penting untuk membantu Anda mencapai performa terbaik.

Selain melakukan pemanasan pemain badminton yang handal juga biasanya menjaga asupan makanan yang masuk dalam tubuhnya, baik itu sebelum, ketika istirahat ataupun sesudah bertanding.

Dua hingga tiga jam sebelum olahraga, coba makan karbohidrat yang sehat seperti gandum, roti, dan beras merah. Selain itu, jangan lupa untuk makan buah, sayur, dan susu rendah lemak. O iya, jangan lupa juga untuk minum air putih. Makanan-makanan di atas bisa membuat kita kenyang cukup lama dan bisa dicerna cukup cepat oleh pencernaan kita.

Usahakan untuk tidak makan makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi. Makanan itu memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna soalnya. Satu jam sebelum olahraga, kita bisa makan camilan seperti pisang atau yogurt bebas lemak.

Ketika istirahat, kita bisa minum seteguk atau dua teguk air putih supaya tidak kehausan. minum seteguk atau dua teguk air juga bisa dilakukan ketika kita bertanding.

Ketika istirahat pertandingan kita sebenarnya tidak disarankan untuk makan sesuatu, cukup minum. Namun, jika tenaga kita benar-benar habis, kita bisa makan yoghurt, kismis, atau pisang.

Setelah pertandingan selesai, kita sebaiknya minum air yang cukup, namun jangan terlalu banyak. Lima belas menit setelah itu, kita bisa makan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein.

Karbohidrat dan protein bisa menggantikan tenaga yang hilang selama bertanding. Itulah makanan yang sebaiknya kita makan sebelum, ketika istirahat, dan setelah melakukan pertandingan.