Garam Kopi

Kopi adalah salah satu minuman kesukaan Indonesia, rasanya yang nikmat dan kandungan kafein didalamnya mampu meningkatkan konsentrasi kita. Jika biasanya kamu menyeduh kopi dengan menggunakan gula, maka pernahkah kamu mencampurkan garam? 

Mungkin terdengar aneh, namun nyatanya menyeduh kopi garam mampu memberikan sensasi berbeda yang tak kalah nikmat. 

Tingkatkan Konsentrasi dengan Kopi

Banyak orang memang memilih kopi, untuk menyegarkan pikiran di pagi hari hingga malam hari. Hal ini utuk meningkatkan konsentrasi, serta mengusir rasa kantuk secara efektif. 

Kopi memang terkenal menjadi sebuah minuman, yang ampuh menghilangkan rasa kantuk dengan cepat. Tentunya minuman ini sangat digemari, bagi mereka yang harus bekerja hingga larut malam. 

Tidak hanya untuk menghilangkan kantuk, kopi pun juga ampuh untuk meningkatkan konsentrasi. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi, akan merangsang otak agar tetap terjaga, dan menghilangkan rasa kantuk. Dengan rasa kantuk yang menghilang, seolah otak kembali segar dan dapat berkonsentrasi kembali. 

Dari alasan itulah, membuat kopi banyak disukai dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Umumnya ketika kita hendak menyeduh kopi beberapa diantaranya suka plain kopi, dan beberapa diantaranya suka untuk menambahkan gula. 

Penambahan gula memang dilakukan, ketika kita ingin menghilangkan sedikit rasa pahit yang dimiliki kopi. 

Namun tahukah kamu, rasa pahit dalam kopi pun bisa dihilangkan dengan campuran garam. Kopi garam memang terdengar aneh, namun beberapa yang telah mencoba mengataka bahwa rasa kopi menjadi lebih nikmat. 

Bahkan rasa pahit yang umumnya tetap ada pada kopi, lebih pudar dengan mencampurkan garam daripada gula. 

Hilangkan Pahitnya Kopi dengan Taburan Garam
Garam sangat identik dengan rasa asin, hal ini karena garam memanglah berasal dari penguapan air laut yang memiliki rasa asin. Garam dan gula adalah dua buah bumbu dapur yang tidak boleh habis, bahkan bisa dibilang kedua bahan ini sebagai penentu hasil olahan masakannya. 

Garam dan gula seolah menjadi dua kubu berbeda, namun kedua bumbu dapur ini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan rasa pas di lidah. 

Ketika kita menyeduh teh maupun kopi, sudah pasti akan memilih gula sebagai tambahannya. Hal ini untuk memberikan rasa manis, serta memudarkan rasa pahit pada kopi. 

Jika ingin menghilangkan rasa pahit pada kopi, sesungguhnya garam pun bisa melakukannya. 

Seperti dikutip harapanrakyat.com, garam dapat mengikat pengecap lidah atau pappila yang bertugas mendeteksi rasa pahit. Dengan efek tersebut, sehingga rasa pahit yang ada pada kopi menjadi lebih berkurang dibandingkan dengan menggunakan gula. 

Menjadi Pengganti Gula, Kopi Tetap Terasa Nikmat
Kopi garam memang terdengar aneh, bahkan campuran keduanya ini pun tidak lazim untuk dilakukan. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba dulu bukan ? Cobalah menyeduh kopi, dan tambahkan sejumput garam. Kamu pun dapat memberikan taburan garam ini, sebelum menyeduh kopi. Sehingga bubuk kopi dapat dicampurkan dengan beberapa garam, sebelum diberikan air hangat. 

Setelah diseduh, maka larutan kopi dan garam pun dapat menyatu. Rasa asin dalam garam, dapat mengurangi rasa pahit dalam kopi. Meskipun begitu kenikmatan dari kopi, tidak akan berkurang. Sehingga anda bisa menikmati kopi yang tidak pahit, namun tetap memiliki rasa kopi dengan nikmat yang khas. 

Takaran garam yang tepat, dapat menentukan tingkatan kenikmatan kopi. Jika kamu kurang yakin dengan takaran garam, maka  bisa menambahkannya sediit demi sedikit. Tentunya jangan memberikan terlalu banyak, karena rasa asin bisa lebih mendominasi rasa kopi garam tersebut. Cara ini dapat kamu coba, ketika kehabisan gula atau susu dalam menyeduh kopi. 

Selain garam, nyatanya ada beberapa rempah lain yang dapat dicampurkan pada minuman kopi. Dengan menambahkan garam pada kopi, dapat menjadi alternatif kamu ketika ingin minum kopi tanpa memakai gula atau bahan pemanis lainnya. Tambahan garam ini pun tidak menghilangkan kenikmatan dari kopi, namun justru memperkaya rasa kopi. 

Kopi adalah minuman yang sering diminum warga Indonesia, baik itu pagi maupun pada malam hari. Bahkan beberapa orang pun berpendapat, badan tidak akan terasa segar jika tidak meminum kopi. Dalam menyeduh kopi, umumnya kita akan memberikan gula untuk mengusir rasa pahit. Namun garam pun dapat menjadi cara lain, untuk meringankan rasa pahit, tanpa menambah pemanis seperti gula maupun susu.