jenis lampu variasi mobil

Sebuah mobil diproduksi dengan standar yang telah ditentukan oleh perusahaan berdasarkan penelitian. Masing-masing bagian yang dipasang sudah pasti mempunyai fungsi jelas untuk mendukung berkendara. Tidak kecuali untuk lampu, seperti yang dipahami jika dalam mobil sudah dilengkapi dengan berbagai lampu. Bukan saja berfungsi untuk penerangan, tetapi adanya lampu juga bisa menjadi bentuk isyarat, penunjang keselamatan sampai dengan fungsi  lampu variasi mobil Anda. Tetapi yang perlu diperhatikan, meskipun ada jenis lampu aksesoris tetapi Anda tetap tidak bisa melakukan pemasangan tanpa aturan.

Bagi mereka yang belum terlalu paham mengenai lampu mobil, pasti hanya berfikir mengenai headlamp saja untuk penerangan. Padahal ada banyak sekali jenis lampu variasi mobil yang bisa Anda gunakan untuk mendukung pencahayaan dan penampilan. Nah, bagi Anda yang penasaran seperti apa saja jenis lampu bisa simak berikut ini:

1. Lampu Kota
Ini merupakan salah satu jenis lampu pendukung yang dapat membantu penglihatan para pengemudi ketika ada didepan dalam cuaca yang tidak begitu bersahabat. Tetapi umumnya jenis lampu yang satu ini dihidupkan pada siang hari saat mendung, jadi tetap bisa jelas melihat mobil melintas.

2. Lampu Tail
Sering disebut pula dengan jenis stop lamp, dimana lampu ini bisa menyala saat senja pada bagian belakang. Fungsi utama pada jenis lampu ini adalah untuk membantu para pengemudi dari bagian belakang supaya lebih menyadari keberadaan mobil didepan. Pada jenis mobil sekarang atau modern ini, lampu tail sudah dibekali dengan jenis LED.

3. Lampu Kabut
Fog lamp atau lampu kabut bukan berarti hanya berfungsi saat jalanan berkabut saja, tetapi juga bisa untuk saat kondisi jalanan gelap. Tetapi seperti namanya, jenis ini sangat cocok sekali untuk membuat kondisi jalan lebih terang saat berkabut. Banyak yang mengatakan fog lamp tersebut dalam  lampu variasi mobil karena hanya ada untuk pendukung.

4. Lampu Rem
Nah, lampu yang keberadaannya cukup penting ini harus dipastikan selalu dalam kondisi baik. Dimana pengendara lain bisa mengetahui pengeraman yang terjadi pada mobil di depannya dari signal yang diberikan lampu rem ini. Jadi jika bermasalah, pasti akan membuat kenyamanan berkendara berkurang.

Pada dasarnya ada banyak sekali jenis lampu yang bisa dikenal secara umum, masing-masing mempunyai fungsi yang sudah jelas. Tetapi ada pula jenis lampu yang hanya digunakan untuk aksesoris saja, baik itu pada bagian eksterior ataupun bagian interior kabin mobil. Apapun jenis lampu yang akan Anda gunakan pada kendaraan. Pastikan jika sudah sesuai aturan, jangan sampai penggunaan itu justru dapat mengurangi kenyamanan dan keselamatan Anda dalam berkendara setiap hari.

Saat ini menemukan lampu mobil dipasaran tidak sulit, ada banyak sekali pilihan dari mulai yang biasa sampai dengan yang mahal. Bahkan ada toko online yang khusus menjual berbagai jenis lampu utama ataupun aksesoris untuk mobil. Bagi mereka yang suka dengan modifikasi, lampu bisa menjadi bagian yang dapat dilakukan perubahan. Jangan salah, ini menjadi hal yang cukup menarik karena bisa membuat kendaraan terkesan berbeda.

Dari ulasan diatas bisa disimpulkan jika saat ini banyak mobil yang sudah dibuat dengan standar baik perusahaan, terutama pada bagian lampu. Tetapi terkadang sebagai pemilik merasa kurang puas dengan bawaan pabrik. Makanya mereka memilih untuk melakukan penggantian atau penambahan dengan  lampu variasi mobil yang ada. Bila Anda akan melakukan hal yang sama, lebih baik pastikan terlebih dahulu jika pemasangan itu tidak akan memberikan imbas kepada kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara Anda serta orang lain.