Keratin

Memiliki rambut yang lembut, lurus dan berkilau merupakan idaman setiap wanita. Berbagai usaha pun kerap dilakukan untuk mendapatkan rambut idaman, salah satunya adalah perawatan keratin rambut. Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan keratin, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan perawatan keratin rambut, sebagai berikut.
 
Apa itu Keratin?
Keratin merupakan skleroprotein atau protein yang menyusun lapisan kulit manusia. Selain itu keratin juga merupakan materi penyusun kuku, gigi dan rambut. Di dalam folikel rambut—struktur kulit tempat tumbuhnya rambut—terdapat batang-batang rambut dengan lapisan luar yang disebut kutikula. Bagian kutikula inilah yang mengandung keratin sangat tinggi.
 
Keratin memiliki peran yang cukup penting untuk menjaga kutikula tetap kuat dan juga melindungi lapisan serta inti pada rambut. Kandungan keratin rambut dapat menurun karena beberapa faktor, seperti usia, paparan zat kimia dari styling tools dan pemilihan perawatan rambut yang kurang tepat, sehingga rambut  menjadi kusam, mudah kusut dan sulit diatur.
 
Proses Perawatan Keratin di Salon
Proses perawatan keratin rambut dikenal juga dengan sebutan keratin straightening treatment, dimana proses tersebut bertujuan untuk membuka kutikula rambut dan mengubah struktur asli rambut. Kutikula rambut akan dibuka dengan produk khusus keratin dan kemudian struktur aslinya diubah dengan cara diluruskan menggunakan flat iron.
 
Proses tersebut menghasilkan rambut yang mudah diatur dan terlihat lurus dalam jangka waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 4—6 bulan. Hampir semua jenis rambut bisa melakukan perawatan keratin ini, namun bagi yang memiliki helaian rambut yang tipis dan halus sebaiknya menghindari perawatan ini karena dapat menyebabkan rambut Anda menjadi terlihat lepek.
 
Kekurangan Perawatan Keratin di Salon
Meskipun hasil yang ditawarkan dari proses perawatan ini cukup menggiurkan, namun ada beberapa kekurangan. Penggunaan flat iron pada proses perawatan terkadang dapat menimbulkan masalah baru pada rambut. Selain itu obat keratin yang digunakan di salon umumnya mengandung formaldehid atau formalin.
 
Beberapa ahli mengatakan bahwa penggunaan formaldehid pada produk perawatan keratin memiliki tingkat yang aman, namun jika penggunaannya dilakukan secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan psoriasis atau dermatitis seboroik, sangat tidak disarankan untuk menjalani perawatan keratin.
 
Perawatan rambut yang menggunakan proses kimiawi juga dapat berpotensi membuat rambut lebih mudah rusak. Mungkin pada tahap awal rambut terasa halus dan lembut, namun setelah 6 bulan atau lebih masalah rambut patah, rontok, bercabang dan rambut kering kadang muncul.
 
Perawatan Keratin di Rumah
Perawatan mandiri di rumah memang tidak memberikan hasil yang instan seperti di salon, tetapi proses ini terbilang cukup aman dan tidak menimbulkan masalah kesehatan. Perawatan keratin bisa Anda lakukan dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang mampu mengisi kekurangan protein pada batang rambut.
 
Anda bisa menggunakan TRESemmé Keratin Smooth Shampoo dan TRESemmé Keratin Smooth Conditioner secara rutin. Penggunaan keduanya secara berdampingan dapat membuat rambut Anda menjadi lembut, berkilau, mudah diatur, tidak mudah kusut dan mampu mempertahankan bentuk rambut hingga 48 jam.
 
Perawatan sendiri di rumah tentunya lebih praktis dan pengeluaran pun menjadi lebih hemat dibanding melakukan perawatan di salon. Penggunaan sampo dan kondisioner juga bisa digunakan sebagai perawatan rutin setelah melakukan perawatan keratin di salon, guna meminimalisir masalah yang muncul di kemudian hari.
 
Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan perawatan keratin. Selain TRESemmé Keratin Smooth, TRESemmé juga memiliki berbagai varian produk lainnya untuk masalah rambut dan jenis rambut yang berbeda. Informasi tentang perawatan rambut dan produk TRESemmé lainnya bisa Anda lihat di laman tresemme.com.