polis asuransi

Polis Asuransi adalah kontrak tertulis antara perusahaan asuransi (penanggung) dan nasabah (tertanggung) yang berisi pengalihan risiko dan syarat-syarat berlaku (jumlah uang pertanggungan, jenis risiko yang ditanggung, jangka waktu dan lain sebagainya). Mengingat pentingnya fungsi polis asuransi, maka sebagai nasabah kita harus mengetahui betul manfaat asuransi yang dibeli, membaca kembali poin-poin yang ada di dalam polis.

Begitu polis asuransi dikeluarkan, ada yang namanya free look period yang artinya Anda (pemegang polis) boleh membatalkan polis apabila tidak menyetujui syarat dan ketentuan di polis karena satu atau beberapa alasan. Perusahaan asuransi jiwa akan mengembalikan premi yang sudah dibayar dan dikurangi biaya pembatalan polis.

Di Indonesia, secara umum terdapat dua jenis asuransi, yaitu Asuransi jiwa (life insurance) yang memberikan perlindungan pada kerugian finansial jika tertanggung meninggal dunia. Kemudia ada asuransi umum (general insurance) yang memberikan perlindungan pada kerugian finansial jika terjadi kerusakan pada aset dan lain sebagainya. Misal asuransi rumah, asuransi kecelakaan diri, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan dan lain sebagainya.

Polis asuransi merupakan hal yang sangat penting, karena polis akan melindungi hak dan kewajiban nasabah dan pihak perusahaan penyedia jasa asuransi, untuk itulah dalam memilih polis asuransi ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Bagi kalian yang bingung memilih polis asuransi, betikut ini kami berikan beberapa langkah dalam memilih polis asuransi. Mulai dari:

Sesuaikan dengan kebutuhan
Sebelum membeli produk asuransi, Anda wajib membuat daftar kebutuhan yang harus dilindungi. Sehingga, Anda tidak salah dalam menentukan produk asuransi jiwa yang hendak dipilih. Bila Anda adalah tulang punggung keluarga. Anda harus membeli asuransi jiwa yang jumlah uang pertanggungannya dapat menutupi pengeluaran sebulan.  

Sesuaikan dengan kondisi pendapatan
Langkah berikutnya, Anda harus melihat jumlah penghasilan per bulan sebelum membeli produk asuransi jiwa. Alasannya, agar tidak mengganggu cash flow Anda. Para ahli financial menyarankan nilai premi yang dibayarkan 10%-15% dari total gaji Anda sebulan. Sistem pembayaran cicilan ini cocok untuk Anda yang bekerja sebagai karyawan. Opsi lainnya, Anda dapat membayarkan premi secara sekaligus. Dengan catatan, Anda adalah seorang atlet, artis yang tidak mendapatkan gaji tetap per bulan.

Cari yang Proses klaim mudah
Selanjutnya, Anda harus pelajari proses klaim uang pertanggungan dari perusahaan asuransi jiwa. Sebaiknya, Anda memilih perusahaan yang tidak menerapkan banyak aturan dalam proses klaim uang pertanggungan. Alasannya, agar tidak menyusahkan ahli waris dalam mengajukan klaim pertanggungan.   

Pilih perusahaan yang terpercaya
Langkah terakhir, Anda wajib memastikan perusahaan penjual produk asuransi jiwa dalam kondisi sehat. "Jangan sampai perusahaan tidak dapat membayar uang pertanggungan saat proses proses klaim," kata Budi. Untuk mengetahui perusahaan tersebut sehat, Anda dapat cek dari laporan keuangan tahunan perusahaan.

Pahami Syarat-Syarat yang Ditentukan
Ada banyak hal yang tertulis dalam polis asuransi, salah satu yang paling penting untuk anda cermati adalah mengenai ketentuan mengajukan klaim. Meski setiap perusahaan memiliki ketentuan yang berbeda, namun yang wajib anda perhatikan adalah, Sistem perhitungan premi yang diterapkan dan besaran premi yang harus anda bayarkan serta jenis pertanggungan yang bisa diklaim, seperti syarat rawat inap, pilihan rumah sakit/klinik, jenis layanan rumah sakit yang bisa diklaim (biaya kamar, jasa dokter, obat-obatan, dan yang lainnya).