Kecermatan dan kejelian merupakan modal utama yang harus Anda miliki, jika ingin membeli kendaraan komersial besar, seperti truk. Jika Anda membeli sembarangan truk saja, maka Anda bisa dirugikan dari semua sisi, baik dari spesifikasi, fitur, hingga harganya. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan membeli mobil besar atau truk ini, pertimbangkan dulu 4 hal penting berikut. 

mobil besar
 1.    Tarikan Mesin yang Dimiliki oleh Truk Tersebut
Kualitas tarikan mesin merupakan hal yang sama sekali tak boleh Anda abaikan begitu saja, saat membeli truk. Seperti yang Anda tahu, truk digunakan untuk mengangkut beban yang berat dan terkadang, medan yang harus dilaluinya pun begitu menantang. Jika tarikan mesinnya abal-abal, bisa-bisa truk yang Anda kendarai berhenti di tengah jalan karena tak sanggup membawa beban. 
 
Anda juga perlu tahu bahwa untuk melewati medan jalan yang berbeda, maka jenis mesinnya pun berbeda pula, agar tenaga yang dihasilkan lebih efisien. Contohnya saja, perbedaan mesin yang dipasangkan oleh dealer Toyota pada Dyna, mobil andalannya di kelas light duty track. Ada dua macam mesin yang digunakan oleh Toyota pada Dyna, yaitu mesin W04D-TR dan W04D-TP. 
 
W04D-TR, terpasang pada Dyna tipe HT (Heavy Truck) dan XT (Xpress Truck). Tenaganya 130PS, sehingga memang cocok dioperasikan di medan off-road, sambil mengangkut muatan yang berat. Sedangkan W04D-TP, dipasangkan pada tipe ET (Econo Truck), FT (Fast Truck), dan ST (Small Truck). Tenaganya 110PS, sehingga cocok di jalanan beraspal dengan muatan yang lebih ringan.  
 
2.    Keefisienan Penggunaan Bahan Bakar
Apa gunanya mobil besar yang bagus, namun berat di ongkos alias boros. Anda tentu tak mau jika biaya operasional dari truk tersebut, melebihi keuntungan yang Anda dapat saat mengoperasikannya. Oleh karena itu, pilihlah mobil yang telah dilengkapi dengan fitur khusus, seperti Turbo Intercooler. Fitur ini mengoptimalkan tarikan mesin dan penggunaan bahan bakar. 
 
3.    Perhatikan Daya Tampung Bahan Bakar Truk Tersebut
Terlalu sering berhenti di pom bensin, akan membuang banyak waktu saat Anda tengah mengantar logistik. Walaupun logistik tersebut tak dibutuhkan dalam waktu cepat, namun tetap saja hal tersebut jauh dari kata efisien. Apalagi jika Anda harus mengantri panjang, untuk mengisi bahan bakar. Untuk menghindari hal ini, pilihlah truk dengan daya tampung bahan bakar yang banyak. 
 
Anda bisa memilih truk yang mampu menampung hingga 100 liter bahan bakar. Dengan begitu, Anda tak perlu terlalu sering antri untuk melakukan pengisian bahan bakar. Anda jadi bisa menghemat waktu, yang selama ini sering terpakai hanya untuk mengisi ulang bahan bakar. Salah satu jenis truk yang dilengkapi dengan daya tampung yang luas ini adalah truk Dyna dari Toyota.  
 
4.    Fitur Keamanan yang Melengkapi Truk Tersebut
Jangan anggap remeh fitur keamanan pada truk yang akan dibeli. Hal ini dikarenakan truk berisiko lebih tinggi mengalami kecelakaan, karena muatannya yang berat, serta terjalnya jalanan yang dilaluinya. Pilihlah truk dengan fitur pengereman yang pakem, agar jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan, Anda bisa segera menghentikan lajunya truk.  
 
Sebelum Anda membeli truk, sebaiknya beberapa poin di atas Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Belilah mobil besar yang dilengkapi dengan spesifikasi dan fitur yang berkualitas. Dengan begitu, Anda akan merasakan nyaman dan aman saat mengendarainya. Jangan langsung tergiur dengan truk yang dijual dengan harga murah, namun kualitasnya jauh dari kata memuaskan.