Tingginya minat para pengoleksi action figure Pokemon, memberi kesempatan bagi para penjual untuk berbuat curang. Alih-alih menjual action figure pocket monsters yang langka, ternyata mereka menjual action figure palsu. Alhasil, pembeli pun jadi menderita kerugian. Agar tak tertipu, Anda harus lihai dalam menentukan keaslian dari action figure yang dijual tersebut.  

Action Figure Pokemon
 
1.    Jangan Tergiur Harga Action Figure yang Murah
Action figure dari game atau serial populer semacam Pokemon, tentu saja banyak diincar oleh para penggemar beratnya. Tingginya demand atas action figure ini, membuat beberapa pihak berupaya mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan menjual action figure palsu. Biasanya, action figure palsu tersebut mereka jual dengan harga yang relatif miring. 
 
Jika Anda kebetulan menemukan penjual yang menawarkan action figure dengan harga murah, jangan langsung tergiur. Bandingkan dulu harganya dengan harga umum di pasaran. Jika berbeda jauh, sebaiknya tak usah beli karena kemungkinan barang itu palsu. Jangan pula keburu yakin, hanya karena si penjual beralasan harganya murah, karena ada sedikit defect pada action figure.
 
2.    Perhatikan dengan Saksama Kemasan Action Figure
Setelah harga, Anda perlu memperhatikan dengan jeli bagaimana tampilan kemasan action figure tersebut. Bila perlu, print gambar kemasan yang dirilis oleh produsen resmi action figure. Saat Anda ingin membelinya di suatu toko atau bazar, langsung bandingkan rupa kemasan yang dijual dengan kemasan resminya. Sedikit saja perbedaan bisa berarti action figure yang dijual tak asli. 
 
Kemasan action figure yang asli berisikan informasi lengkap terkait action figure yang dijual. Terdapat juga logo dari perusahaan yang memproduksi action figure tersebut. Tak lupa, kemasannya dilengkapi dengan stiker hologram asli. Untuk kemasan action figure palsu, biasanya dikemas ala kadarnya, serta warna kemasannya pun biasanya terlihat lebih pudar.


3.    Bahan Pembuat Action Figure
Setiap action figure, termasuk action figure Pokemon, diproduksi dari bahan yang berkualitas tinggi. Untuk membuat action figure biasanya digunakan beberapa bahan seperti plastik, karet, dan PVC. Kombinasi dari bahan-bahan ini, membuat action figure yang dibeli bentuknya kokoh dan tekstur permukaannya begitu rapi dan halus. 
 
Berbeda dengan yang asli, bahan action figure palsu tentu saja lebih murah. Alhasil, bentukan action figure pun jauh dari sempurna, Tak jarang, Anda menemukan bagian permukaan yang tak rata. Kualitas kualitas cat untuk mewarnainya pun sangat buruk dan mudah terkelupas. Perpaduan bahan serta cat abal-abal tersebut membuat action figure palsu memiliki bau yang menyengat. 
 
4.    Detail dari Action Figure
Action Figure dijual mahal karena dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dalam membuatnya. Harga yang Anda keluarkan, sebanding dengan kerja keras untuk bisa memproduksi action figure dalam bentuk yang sangat sempurna. Setiap detail terutama pada bagian wajah action figure, dibuat sedemikian rupa, tanpa ada sedikit pun perbedaan dengan yang aslinya. 
 
Perbedaan yang mencolok akan terlihat dari detail fisik action figure palsu. Rambut tokoh yang seharusnya berwarna biru, bisa malah berubah jadi ungu. Action figure yang aslinya berdiri tegak, malah terlihat berdiri miring pada action figure palsu. Kalau perbedaan detail terlihat kentara, tentu Anda mudah membedakannya. Jika tidak, mata Anda harus lebih jeli lagi mengamatinya. 
 
Pada saat gegap gempita menyambut film Pokemon seperti sekarang, sedikit banyaknya tentu mempengaruhi tingkat penjualan action figure Pokemon. Bagi Anda yang berniat membeli action figure-nya dalam waktu dekat, pastikan Anda jeli dalam memilih action figure yang asli ya. Kalau sampai salah beli, bukannya senang dapat melengkapi koleksi, Anda malah akan jadi merugi.