Kebanyakan orang beranggapan bahwa mengajukan pinjaman dana ke bank atau lembaga keuangan resmi selalu memiliki prosedur dan proses yang rumit. Bahkan mereka juga beranggapan bahwa kedua lembaga terebut selalu menerapkan prosedur yang merepotkan. Nah berikut merupakan panduan lengkap mengajukan pinjaman dana dengan cepat dan aman. 

Pinjaman Dana


Memenuhi Persyaratan
Hal paling utama yang perlu Anda perhatikan ketika hendak mengajukan pinjaman adalah dengan memenuhi semua persyaratan yang diberikan. Poin yang satu ini sangat penting untuk dilakukan agar proses pengajuan pinjaman Anda dapat cepat diproses dan diterima. Selain itu pastikan bahwa semua dokumen dan persyaratan yang Anda berikan merupakan data yang sebenarnya. 

Tak hanya itu saja, hal yang tak kalah penting untuk Anda lakukan adalah mengisi kolom pengajuan pinjaman dana dengan data yang benar. Selain itu pastikan Anda juga mencantumkan nomor telepon yang valid dan dapat dihubungi. Pasalnya jika tidak, pihak yang memberi pinjaman akan merasa kesulitan untuk melakukan verifikasi terhadap pengajuan yang Anda ajukan. 

Cantumkan NPWP
Ketika Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman dana hal yang paling penting untuk Anda lakukan adalah mencantumkan NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Terlebih lagi bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman dalam jumlah yang besar. Pasalnya mereka akan memberikan nilai tambah bagi mereka yang mencantumkan NPWP. 

Tak hanya itu saja, dengan mencantumkan NPWP maka pengajuan pinjaman Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk disetujui. Jadi jika seandainya Anda belum memiliki NPWP, maka sebaiknya kantor pajak terdekat untuk melakukan pengajuan di sana. 

Setarakan Nomor Kartu Kredit
Ketika Anda hendak mengajukan pinjaman secara online, maka proses pengajuan tersebut akan berjalan lebih mudah jika Anda mencantumkan nomor kartu kredit sebelumnya. Mengapa? Sebab hal ini akan lebih memudahkan lembaga keuangan untuk mengetahui dan mempertimbangkan riwayat kredit dan aktivitas perbankan yang Anda lakukan melalui kartu kredit. 

Meski hal ini dapat membantu proses pengajuan dana, namun sering kali hal ini juga bisa menjadi bumerang bagi sebagian banyak orang yang memiliki riwayat pemakaian kartu kredit yang buruk. Bahkan jika Anda memiliki tunggakan maka sangat disarankan untuk melakukan pelunasan terlebih dahulu sebelum melakukan pengajuan pinjaman. 

Pahami Batas Limit Kredit
Ketika hendak mengajukan pinjaman, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui batas limit pengajuan kredit yang akan diberikan kepada Anda. Pasalnya setiap lembaga keuangan memiliki batas limit yang berbeda-beda untuk setiap calon peminjam. Hal yang satu ini dipengaruhi oleh besarnya gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya. 

Pada umumnya seorang karyawan akan mendapatkan limit kredit hingga 5 kali gaji. Dengan begitu maka Anda bisa mempertimbangkan berapa besarnya pengajuan pinjaman yang akan dilakukan. Untuk itu pastikan Anda mengajukan pinjaman dengan jumlah yang masih masuk akal. Semakin kecil limit pinjaman maka peluang pengajuan pinjaman akan diterima juga semakin besar. 
 
Penuhi Standar Penghasilan

Pada umumnya setiap lembaga keuangan memiliki standar penghasilan yang wajib dipenuhi oleh calon peminjam sebelum melakukan pengajuan. Bahkan jumlah standar penghasilan ini juga cenderung akan berbeda dari daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Standar penghasilan ini dibuat berdasarkan UMR yang berlaku pada wilayah tersebut. 

Untuk itu sebelum memutuskan melakukan pengajuan pinjaman, pastikan Anda termasuk ke dalam kategori yang layak guna memenuhi standar penghasilan yang ditetapkan oleh lembaga keuangan yang Anda pilih. Pasalnya tanpa disadari hal ini juga akan mempengaruhi peluang keberhasilan pengajuan pinjaman yang akan Anda lakukan. 

Sesuaikan dengan Kemampuan Bayar
Saat melakukan pengajuan pinjaman, pastikan Anda jangan melakukan pengajuan pinjaman yang lebih besar dan berada di luar kemampuan bayar yang sanggup Anda lakukan. Pasalnya hal yang satu ini sangat berisiko dan bisa membuat Anda mengalami gagal membayar yang akan berakibat pada menunggaknya cicilan di kemudian hari. Tentu Anda tak ini hal ini terjadi bukan?

Pasalnya setiap lembaga keuangan tentunya tak akan sungkan untuk menurunkan debt collector untuk melakukan penagihan terhadap tunggakan yang Anda miliki. Jadi sangat disarankan bagi Anda untuk melalukan pengajuan pinjaman dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan dan masa tenor yang disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. 

Gunakan Dana dengan Bijak dan Cicil Tepat Waktu
Setelah Anda mendapatkan dana dari pengajuan yang sudah dilakukan, maka pastikan untuk menggunakan dan memanfaatkan dana penajaman tersebut dengan sebaik-baiknya. Tak hanya itu saja, hal yang tak kalah penting untuk Anda lakukan adalah membayar cicilan tepat waktu setiap bulannya. Sebab hal ini dapat membuat Anda memiliki riwayat kredit yang baik. 

Meskipun pinjaman KTA terbilang sangat membantu dan cukup mudah dilakukan, namun sangat penting juga bagi Anda untuk mempertimbangkan besarnya angsuran yang perlu Anda bayarkan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Pastikan untuk mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk melakukan pengajuan.
Nah itulah beberapa panduan pengajuan pinjaman cepat dan aman. Pastikan untuk memperhatikan beberapa poin di atas agar pengajuan pinjaman yang Anda lakukan dapat diterima. Sedang ingin melakukan pengajuan pinjaman dengan proses mudah dan aman? Kalian bisa cek di https://www.cekaja.com/kredit/.